7 Jenis Material Kursi Kerja, Mana yang Paling Nyaman?

LÅNGFJÄLL kursi kantor dgn sndrn tangan, Gunnared biru/putih | IKEA  Indonesia

Kenyamanan sebuah kursi ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari desain kursi hingga ukuran hingga bahannya. Karena memilih kursi kantor tidaklah mudah, berikut beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai bahan kursi kantor beserta kelebihan dan kekurangannya sebelum Anda memutuskan untuk membeli kursi kantor.

Nah, berikut beberapa material kursi kerjayang perlu Anda ketahui!

 

  1. Kain Tenun

Keuntungan dari kain tenun untuk kursi kantor adalah lebih murah daripada kursi kulit atau mesh. Kursi berlapis kain hadir dalam banyak variasi warna, sehingga memudahkan untuk menemukan warna yang paling sesuai dengan desain interior ruang kantor.

Namun, kursi berbahan kain perlu sering dibersihkan karena bahan ini mudah ternoda. Tergantung pada ketebalan kain yang digunakan, kain juga cenderung lebih mudah sobek.

 

  1. Kain Rajut

Perbedaan antara kain tenun dan kain rajut terletak pada kerapatan benangnya. Sementara kain tenun kuat, kain rajut cenderung lebih lembut dan dapat meregang tiga kali lebih banyak daripada kain tenun.

Bantalan kursi yang dilapisi kain tenun terasa lembut saat Anda duduk di atasnya. Bahan rajut menjadi lebih nyaman saat dipadukan dengan bantal busa memori yaitu busa berkualitas tinggi yang sangat lembut dan memberikan penyangga yang lebih baik di setiap lekuk tubuh.

 

  1. Vinyl

Vinyl adalah bahan yang diproduksi dan kualitasnya bervariasi. Vinyl berkualitas tinggi terkadang sulit dibedakan dari kulit.

Tekstur dan tingkat kelembutan bahannya juga bervariasi. Namun, bahan ini dipilih terutama karena tahan lama, mudah dibersihkan dan tersedia dalam berbagai warna, tidak mudah menyerap cairan, jadi jika terkena noda, cukup lap permukaannya dengan kain.

 

  1. Kulit Sintetis

Ingin kursi kantor yang terlihat mewah tapi irit? Kursi kulit sintesis bisa menjadi solusi Anda. Mereka terlihat seperti kulit asli, mudah dibersihkan dan bertahan lama.

Dan yang lebih penting, harganya lebih murah daripada kulit asli.

 

  1. Kulit Asli

Kursi yang terbuat dari kulit asli dianggap sebagai barang mewah dan juga menggarisbawahi status pemiliknya. Kursi ini sangat cocok sebagai kursi kantor pejabat tinggi, karena harganya juga istimewa dibandingkan dengan bahan lainnya.

Teksturnya yang halus dan tampilannya yang elegan memberikan kesan berkelas. Agar warna dan corak kursi kulit ini berpadu elegan, Anda harus pandai-pandai mendesain interior ruangan.

 

  1. Kayu

Material kayu untuk kursi kantor terlihat tradisional, namun desain kontemporer kini banyak mengusung gaya minimalis rustic dan modern dengan menggunakan kayu sebagai elemen utama. Kursi kayu juga tersedia dalam berbagai jenis kayu yang berbeda dan dapat diubah menjadi berbagai bentuk tergantung pada selera dan kebutuhan Anda, namun kursi kantor kayu tidak cocok untuk karyawan yang harus duduk berjam-jam setiap hari.

 

  1. Plastik

Seperti kursi kayu, kursi kantor akrilik atau plastik biasa digunakan di ruang tunggu kantor atau ruang makan. Kursi plastik hadir dengan desain yang sederhana namun menarik dengan berbagai pilihan warna.

Kursi akrilik atau plastik juga ringan dan mudah dipindahkan, dan dapat diatur agar penyimpanan tidak memakan tempat, menjadikan kursi jenis ini pilihan yang tepat untuk acara kantor yang melibatkan banyak peserta namun bersifat sementara.

 

Itulah jenis material kursi kerja yang perlu Anda ketahui, semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Nah, jika saat ini Anda sedang menjalani WFH dan mencari kursi kerja, termukan kursi terbaik Anda di ikea.co.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *